Di Brazil, Setiap Menit 1 Orang Meninggal Karena Virus Corona

- 6 Juni 2020, 14:11 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro memegang salinan halaman pertama koran Folha de Sao Paulo, saat meninggalkan Istana Alvorada, di tengah wabah virus corona (covid-19) di Brasilia, Brazil, Selasa 5 Mei 2020. //ANTARA/REUTERS/Ueslei Marcelino

PORTAL JEMBERBrazil menghadapi situsi sangat berat akibat deraan virus corona atau covid-19. Sampai Kamis malam lalu, Brazil mencatatkan angka kasus baru dan kematian yang sangat tinggi, jauh melampaui Italia.

Tapi, Presiden Brazil Jair Bolsonaro bergeming untuk segera mencabut karantina wilayah. Ia berpendapat, ongkos ekonomi mereka melampaui risiko kesehatan masyarakat.

Dikutip dari Antara, halaman depan koran Brazil Folha de S. Paulo menggarisbawahi bahwa hanya dalam tempo 100 hari sejak Bolsonaro menggambarkan virus corona sebagai "flu sepele" itu kini telah "membunuh satu orang Brazil per menit".

Baca Juga: Ketakutan, Gadis Remaja Perekam Video George Floyd Mendapatkan Terapi dan Terpaksa Pindah Rumah

"Ketika Anda membaca (koran) ini, orang Brazil lain meninggal akibat virus corona," tulis koran tersebut.

Kementerian Kesehatan Brazil melaporkan, Kamis malam, kasus terkonfirmasi di negeri itu melonjak melewati 600.000 dan 1.437 kematian tercatat dalam 24 jam. 

Dengan lebih dari 34.000 nyawa melayang, pandemi itu membunuh lebih banyak orang di Brazil daripada negara mana pun di luar Amerika Serikat dan Inggris.

Baca Juga: Akhirnya Tim Khusus Pengembangan Vaksin Virus Corona di Indonesia Resmi Dibentuk

Ditanya tentang upaya melonggarkan perintah jarak sosial di Brazil meski ada tingkat kematian harian dan diagnosa yang meningkat, juru bicara WHO Margaret Harris mengatakan kriteria kunci mencabut karantina wilayah adalah penularan yang melambat.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X