Restoran di Belanda Gunakan Pelayan Robot Menyeramkan untuk Menjaga Jarak Sosial

- 2 Juni 2020, 07:53 WIB
Robot pelayan di salah satu restoran di Belanda. /Instagram/Royal Palace Renesse

PORTAL JEMBER - Sebuah restoran di Belanda telah memperkenalkan pelayan robot baru sebagai cara untuk mengurangi kontak manusia ke manusia di tengah pandemi virus corona (covid-19). 

Robot berwarna merah-putih ini akan menyambut pelanggan, menyajikan makanan, dan mengambil piring bekas dari meja pengunjung di restoran Royal Palace di kota Renesse, menurut Associated Press.
 
Dikutip dari The Verge, robot yang belum disebutkan namanya akan mengatakan "halo dan selamat datang," dan mereka mengenakan syal kecil. 
 
 
"Mereka membantu kami dengan pekerjaan yang kami lakukan," kata Leah Hu, yang keluarganya memiliki Istana Kerajaan. 
 
“Kami sering sibuk dan membersihkan meja dan robot memberi kami bantuan ekstra. Kami tidak menghilang. Kami masih disini. Mereka akan selalu membutuhkan orang-orang di industri ini," tambahnya.
 
Restoran di Belanda telah ditutup selama berbulan-bulan selama pandemi, dan banyak yang mulai dibuka kembali, tetapi dengan batasan jumlah tamu yang diizinkan. 
 
 
Server robot, tentu saja, tidak bisa terinfeksi virus corona, tetapi mereka juga tidak akan bisa membantu pelanggan dengan alergi makanan atau mendapatkan kursi untuk pesta yang beranggotakan tujuh orang. 
 
Sudah beberapa bulan industri layanan makanan, dengan restoran kehilangan sekitar 5,5 juta pekerjaan pada bulan April saja. 
 
Tampaknya tidak mungkin bahwa para pelayan robot akan berada di restoran-restoran Amerika dalam waktu dekat (biayanya saja mungkin membuat mereka menjadi penghalang bagi kebanyakan perusahaan kecil), tetapi mereka sudah umum di restoran-restoran di Tiongkok selama beberapa tahun sekarang.
 
 
Perlu dicatat bahwa "orang-orang mesin" yang menyajikan makanan di restoran Tiongkok lebih merupakan hal yang baru daripada membuat perkejaan lebih efisien, sebagian besar pelayan robot rupanya payah dalam pekerjaan mereka. ***

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X