Iran Siap Kirim Lebih Banyak Bahan Bakar ke Venezuela Meski Dibayangi Ancaman AS

- 2 Juni 2020, 07:10 WIB
FOTO ilustrasi kapal tanker minyak.*/REUTERS

 

PORTAL JEMBER - Iran mengatakan akan melanjutkan pengiriman bahan bakar ke Venezuela jika Caracas meminta lebih banyak pasokan, meskipun ada kecaman dari Amerika Serikat tentang perdagangan kedua negara, kedua negara tersebut saat ini di bawah sanksi AS.
 
"Iran mempraktikkan hak perdagangan bebasnya dengan Venezuela, dan kami siap mengirim lebih banyak kapal jika Caracas meminta lebih banyak pasokan dari Iran," kata jurubicara kementerian luar negeri Abbas Mousavi pada konferensi pers mingguan yang disiarkan langsung di televisi negara, Senin 1 Juni 2020. 
 
Lima kapal tanker minyak Iran tiba di Venezuela minggu lalu untuk membantu meringankan kekurangan bahan bakar, tidak menemukan tanda-tanda langsung campur tangan militer AS
 
 
Dikutip dari Al Jazeera, otoritas Venezuela menggambarkan "ancaman" dari Amerika Serikat atas pengiriman tersebut.
 
Washington terus memantau pasokan dalam usaha untuk mencegah pengiriman lebih lanjut bahan bakar Iran ke Venezuela
 
Mereka juga memperingatkan pemerintah, pelabuhan, pengirim dan perusahaan asuransi bahwa mereka dapat menghadapi penindakan jika mereka membantu kapal tanker Iran.
 
 
Baru-baru ini AS meningkatkan kehadiran angkatan lautnya di Karibia, yang dikatakannya sebagai operasi anti-narkoba yang diperluas.
 
Menentang ancaman AS, Iran mengirim armada lima tanker bahan bakar ke negara penghasil minyak Amerika Selatan, yang menderita kekurangan bensin yang parah.
 
Menurut Refinitiv Eikon pada hari Minggu, dua tanker Iran yang mengirim bahan bakar ke Venezuela sebagai bagian dari armada mulai berlayar kembali, ketika pemerintah di Caracas menyiapkan pompa bensin untuk menaikkan harga bensin.
 
 
Armada kapal tanker dilaporkan membawa sekitar 1,53 juta barel bensin dan alkilat ke Venezuela. ***

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X