Pandemi Corona, Presiden Meksiko Fokus Selamatkan Si Miskin, Bukan Perusahaan Besar

- 26 Maret 2020, 17:05 WIB
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. /Reuters

PORTAL JEMBER - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan, dirinya akan lebih memusatkan perhatiannya membantu orang miskin daripada perusahaan besar ketika virus corona menyebar di Meksiko.

Pejabat menghitung, ada 367 kasus pada hari Senin lalu, naik dari 316 hari sebelumnya. Total ada empat kematian, termasuk dua orang yang menderita diabetes.

Meskipun pemerintah belum mengambil tindakan drastis untuk memperlambat penularan, seperti mengeluarkan larangan bepergian atau membutuhkan isolasi sendiri, pemerintah telah melarang acara besar, menangguhkan kelas di sekolah dasar, dan merekomendasikan orang untuk menjaga jarak dari yang lain.

Baca Juga: Bank Indonesia Injeksi Likuiditas Hampir Rp 300 Triliun

Usaha kecil mulai mengalami kemunduran di seluruh negeri, di mana jutaan orang hidup dalam kemiskinan, sebagaiman dikutip PORTAL JEMBER dari Reuters.

“Jika kita harus menyelamatkan seseorang, siapa yang harus kita selamatkan? Orang miskin," Lopez Obrador mengatakan pada konferensi pers hariannya.

“Tidak ada lagi penyelamatan dalam gaya periode neo-liberal, yang disediakan untuk bank, perusahaan besar. Mereka seharusnya tidak berpikir bahwa akan ada pengampunan pajak atau mekanisme lain yang digunakan sebelumnya," katanya.

Baca Juga: OJK Beri Penundaan Angsuran untuk Usaha Terdampak Virus Corona

Lopez Obrador menulis di Twitter bahwa ia akan berbicara di konferensi pers hariannya tentang rencana untuk melindungi populasi Meksiko yang paling rentan. Ia juga menambahkan bahwa negara memiliki keuangan publik yang cukup.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

X