Obat Kanker Bisa Atasi Peradangan Akibat Virus Covid-19, Menurut Studi Singapura dan Amerika Serikat

- 8 April 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi peneliti melakukan uji coba lab /Pexels.com/Artem Podres

PORTAL JEMBER - Menurut sebuah penelitian oleh peneliti Singapura dan Amerika Serikat menyebutkan bahwa, salah satu obat yang tersedia secara luas dan murah, yang digunakan untuk pengobatan kanker, berpotensi digunakan dalam pengobatan Covid-19.

Dilansir PORTAL JEMBER dari Channel News Asia, peneliti baru-baru ini menemukan manfaat obat kemoterapi, yang disebut Topotecan.

Melalui uji hewan di lab, ada indikasi obat kemoterapi mampu mengurangi tingkat keparahan dan kematian infeksi oleh virus yang menyebabkan Covid-19, dengan menekan peradangan di paru-paru.

Baca Juga: BCL Peluk Mesra Ariel NOAH dari Belakang Kejutkan Publik, Warganet: Jodoh ya Semoga

Menurut Institut Kanker Universitas Nasional, Singapura (NCIS) pada Rabu 7 April 2021, penemuan ini memiliki implikasi potensial untuk pengobatan Covid-19 pada manusia.

Penemuan para peneliti dari NCIS dan Icahn School of Medicine di Mount Sinai di Amerika Serikat ini dipublikasikan secara online di jurnal ilmiah Cell pada bulan Maret.

Keamanan dan kemanjuran pengobatan pada manusia akan segera dievaluasi di situs klinis di seluruh dunia, kata NCIS, seraya menambahkan bahwa tim telah mendapatkan hibah penelitian untuk melakukan uji klinis Topotecan Fase 1 pada pasien Covid-19.

Penelitian ini didukung oleh National Medical Research Council Kementerian Kesehatan Singapura dan National Research Foundation di bawah Covid-19 Research Fund, NCIS menambahkan.

Baca Juga: Akui Kecanduan Alkohol Ketika Masih di Bawah Umur, Personel Girlband Cantik Korea Ini Minta Maaf

Halaman:

Editor: Boy Nugroho

Sumber: Channel News Asia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X