Tiongkok Serukan Pengaturan Ulang Hubungan Bilateral dengan Amerika Serikat

- 23 Februari 2021, 06:30 WIB
Bendera Tiongkok. /Pixabay/glaborde7

PORTAL JEMBER - Tiongkok menyerukan perlu adanya pengaturan ulang dalam hubungan bilateral dengan Amerika Serikat.

Dilansir PORTAL JEMBER dari Reuters, diplomat senior Tiongkok, Wang Yi mengatakan pada hari Senin bahwa Amerika Serikat dan Tiongkok bisa bekerja sama menangani masalah perubahan iklim dan pandemi virus Covid-19 jika memperbaiki hubungan bilateral yang rusak.

Anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri, Wang mengatakan Beijing siap membuka kembali dialog konstruktif dengan Washington setelah hubungan kedua negara merosot dalam beberapa dekade di bawah mantan presiden Donald Trump.

Baca Juga: Ketua DPP PSI, Tsamara Amany: Saya Paling Geli Kalau Dengar Orang Tanya Saya Kok Kritik Anies Baswedan Terus

Wang meminta Washington menghapus tarif atas barang-barang Tiongkok dan meninggalkan penindasan irasional terhadap teknologinya.

Menurut Wang, langkah-langkah tersebut akan menciptakan "kondisi yang diperlukan" untuk kerja sama.

Wang juga mendesak Washington untuk menghormati kepentingan Tiongkok, berhenti "mencoreng" Partai Komunis yang berkuasa, berhenti mencampuri urusan dalam negeri Beijing, dan berhenti "berkomplot" dengan pasukan separatis untuk kemerdekaan Taiwan.

Sebelum Wang berbicara di sebuah forum yang disponsori oleh kementerian luar negeri, pejabat memutar rekaman "Diplomasi Ping-pong" tahun 1972 ketika pertukaran pemain tenis meja membuka jalan bagi Presiden Amerika Serikat kala itu, Richard Nixon mengunjungi Tiongkok.

"Selama beberapa tahun terakhir, Amerika Serikat pada dasarnya memutuskan dialog bilateral di semua tingkatan," kata Wang dalam sambutan yang disiapkan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, dikutip PORTAL JEMBER dari Reuters.

Halaman:

Editor: Boy Nugroho

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X