Sinopsis The 33: Kisah Nyata 33 Penambang Terjebak di Bawah Tanah Tayang Perdana di Trans TV

- 15 Agustus 2020, 15:17 WIB
Film The 33. //themoviedb
 
PORTAL JEMBER - Film The 33 berdasarkan kisah nyata 33 penambang yang terjebak di bawah tanah akan tayang perdana malam ini, Sabtu 15 Agustus 2020, di Bioskop Trans TV.
 
Film The 33 yang rilis tahun 2015 disutradarai oleh Patricia Riggen dan dibintangi Antonio Banderas, Rodrigo Santoro, dan Juliette Binoche.
 
Film The 33 diadaptasi dari kisah nyata sebuah tambang emas yang roboh dan menjebak 33 penambang selama 69 hari 700 meter di bawah tanah.
 
 
Para penambang San José, Copiapó, di Chili sedang berpesta merayakan tahun ke-45 rekan mereka bernama Mario Gomez (Gustavo Angarita) sebagai penambang yang paling senior.
 
Pesta tersebut ramai dihadiri oleh anggota keluarga masing-masing penambang dan diadakan di halaman rumah Mario (Antonio Banderas).
 
Mario biasa berselisih paham dengan Don Lucho (Lou Diamond Phillips) yang memimpin para penambang San José. Namun kali ini ia membolehkan Mario untuk ikut menambang bersamanya besok lantaran kesulitan finansial.
 
Keesokan harinya, Dario (Juan Pablo Raba) yang gemar minum alkohol menggelandang di jalanan menunggu jemputan bis para penambang.
 
 
Bis tersebut mengantarkan penambang yang jumlahnya 30-an itu melintasi Padang Pasir Atacama yang panas untuk menuju ke Tambang San José pada 5 Agustus 2010.
 
Don Lucho mengeluh kepada pemilik tambang bernama Carlos (Mario Zaragoza) tentang kondisi tambangnya yang memprihatinkan setelah kaca yang dipasangi pecah dan mengotori tanah.
 
Carlos tidak menghiraukan keluhan tersebut dan membebani Don Lucho dan anak buahnya dengan target yang lebih besar dari biasanya.
 
Bersama 33 penambang, termasuk Don Lucho dan penambang baru asal Bolivia bernama Mamami (Tenoch Huerta), mereka memasuki kegelapan tambang dengan sebuah truk.
 
Di kedalaman 1.700 kaki di bawah permukaan bumi, para penambang bekerja sesuai peran masing-masing. Mario bertugas mengajarkan Mamami tentang karakteristik emas yang mereka cari.
 
 
Don Lucho ke tambang bagian atas untuk memeriksa kaca yang dipasangi agar mewaspadai pergerakan dinding tambang. Ternyata, tampak keretakan yang dalam pada dinding dan pecahan kaca banyak berceceran di tanah.
 
Tak lama kemudian, tanah dan dinding tambang mulai bergetar dan sejumlah penyangga mulai berjatuhan, diikuti langit-langit yang mulai roboh.
 
Don Lucho segera memanggil anak buahnya untuk menaiki truk dan bergegas menuju ruang penampungan yang berisi makanan dan pertolongan pertama.
 
Truk mereka nyaris lolos dari runtuhnya langit-langit yang kian mendekat hingga hantamannya mampu membuat para penumpang dan seisi truk terpental.
 
 
Sekitar 700 meter di atas mereka, pintu masuk tambang meledak dan tertutup rapat-rapat sampai mengeluarkan gumpalan gas dan debu yang tebal di udara.
 
Carlos mendapat panggilan dari atasannya untuk mengunci tambang tersebut agar tidak ada orang yang keluar dan mengisolasi tambang dari dunia luar.
 
Akan tetapi, berita telah beredar tentang terjebaknya sekitar 30 penambang di tambang emas San José dan membuat keluarga dari para penambang khawatir.
 
Simak kelanjutan kisahnya dalam film The 33 yang tayang perdana malam ini, Sabtu 15 Agustus 2020, pukul 21.00 WIB di Bioskop Trans TV. ***

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X