Han Gong-ju, Film Korea yang Sarat dengan Nilai-Nilai Parenting

- 3 Juli 2020, 10:20 WIB
Film Korea Han Gong-Ju. //Laman IniKpop

PORTAL JEMBER - Film-film Korea seperti candu. Terlebih di masa pandemi di mana banyak di antara kita yang banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Film-film Korea masuk dalam list favorit para pecinta film.

Virusnya bahkan menular tak kalah cepat dari Covid-19. Banyak di antara mereka yang semula tak suka, bahkan mungkin tak tahu, jadi mulai keranjingan.

Bagi Anda yang kurang suka dengan film Korea bertema romance, ada sejumlah referensi film Korea yang lebih serius. Beberapa di antaranya bahkan ada yang diangkat atau terinspirasi dari kisah nyata. Film Han Gong-ju salah satunya.

Baca Juga: Video Viral, Pegawai Kedai Kopi Asing Mengintip Payudara Pengunjung Melalui Kamera CCTV

Han Gong-ju diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi di Miryang, Korea Selatan, tahun 2004 silam.

Yakni kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh geng anak-anak SMU di Miryang yang berlangsung selama 11 bulan dengan korban sebanyak 41 orang. Gong Ju adalah salah satu korbannya yang saat itu masih berusia 14 tahun.

Terdapat sejumlah nilai-nilai penting terkait parenting dalam film ini yang patut menjadi pelajaran bagi banyak orang tua masa kini. Gong Ju adalah anak broken home. Kedua orang tuanya bercerai lalu sibuk dengan urusannya masing-masing. Tragis, Gong Ju diperkosa di rumahnya sendiri.

Baca Juga: Berbeda dengan Sikap Keluarganya, Anak Amien Rais Siap Jadi Menteri di Kabinet Jokowi

Gong Ju adalah potret tak berdayanya korban pemerkosaan terutama bagi mereka yang masih anak-anak. Ia mendapat ancaman dari pelaku yang merekam kejadian dan mengancam akan menyebarluaskan rekaman tersebut jika Gong Ju buka suara. Intimidasi juga dilakukan oleh keluarga pelaku yang berasal dari kalangan berada.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X