Profil dan Biodata Lengkap Dian Sastrowardoyo, Sosok Sentral di Film Kartini yang Mencuat Lewat AADC

- 21 April 2021, 11:21 WIB
lustrasi RA Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo.
lustrasi RA Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. /Nalendra Yogeswara/Portal Jember/

PORTAL JEMBER - Kartini merupakan sebuah film biografi dari salah satu tokoh emansipasi wanita yaitu R.A. Kartini, yang dibesut oleh sutradara Hanung Bramantyo pada 2017.

Film ini menjadi penampilan ketiga Kartini di layar lebar setelah biografi R.A. Kartini (1984), dan kisah fiksi asmara Kartini, Surat Cinta Untuk Kartini (2016).

Bercerita tentang Kartini (Dian Sastrowardoyo) yang tumbuh dengan melihat langsung ibunya yang bernama Ngasirah (Christine Hakim) menjadi orang terbuang dirumahnya sendiri.

Baca Juga: Beredar Video Pria Lakukan Pelecehan Seksual ke Wanita Saat Sholat Berjamaah di Masjid, Netizen Luapkan Amarah

Baca Juga: Salfok Lihat Foto Anang Hermansyah dan Ari Lasso, Netizen Heboh: Ada yang Ketangkap Tapi Bukan Ayam

Sepanjang perjalanan hidupnya, Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang baik ningrat atau bukan, terutama hak pendidikan untuk perempuan.

Bersama dengan kedua saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita), Kartini berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara.

Di samping perjuangannya, ia juga harus menghadapi masalah pribadinya. Ia juga harus mendobrak tradisi yang telah ada selama turun-temurun. Lalu, siapakah sosok wanita pemeran film Kartini tersebut?

Baca Juga: Kumpulan Puisi RA Kartini untuk Anak SD, Cocok Dijadikan Rujukan sebagai Tugas atau Lomba

Halaman:

Editor: Talhah Lukman Ahmad

Sumber: Dari berbagai sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X