Benarkah BLACKPINK Dibubarkan pada 2023? Berikut Daftar Tahun Berakhirnya Kontrak Artis Kpop YG

- 8 Februari 2021, 07:50 WIB
BLACKPINK. /Instagram/@blackpinkofficial
PORTAL JEMBER - BLACKPINK baru saja sukses melaksanakan konser online pertamanya bertajuk 'The Show'.
 
Sebelum diadakan konser tersebut, para Blink, sebutan bagi penggemar BLACKPINK, juga sempat dikejutkan dengan salah satu membernya yaitu Rosé yang mengunggah teaser video musik solonya di Instagram resminya pada 25 Januari 2021.
 
Setelah baru saja comeback, kabar asumsi tahun BLACKPINK dibubarkan kembali beredar di internet baru-baru ini.
 
 
Sebetulnya kabar mengenai tahun berakhirnya kiprah BLACKPINK yang beredar di internet pernah ramai sejak beberapa tahun lalu.
 
Namun hal tersebut hanya asumsi dari para netizen. Prediksi mereka tentang tahun BLACKPINK dibubarkan pun bermacam-macam, namun dilansir PORTAL JEMBER dari berbagai sumber, kebanyakan dari mereka menyebut pada tahun 2023.
 
Asumsi tersebut didasarkan dari fakta tradisi kontrak idol Kpop yang biasanya berakhir setelah tujuh hingga sepuluh tahun, atau bahkan bisa lebih cepat.
 
Jika hanya asumsi, lalu sebenarnya kapan kontrak BLACKPINKk akan berakhir?
 
Saat ini, kapan berakhirnya kontrak BLACKPINK bersama YG Entertainment sebetulnya masih belum diketahui.
 
 
Berbeda dengan Lee Hi, solois perempuan yang juga di bawah agensi YG Entertainment yang diketahui lama kontraknya, yakni 10 tahun, seperti yang dikutip PORTAL JEMBER dari Soompi.
 
Sedangkan Akdong Musician (AKMU), grup duo bersaudara ini memiliki kontrak kerja selama tujuh tahun dengan YG. Karena mereka memulai debut pada April 2014, maka kontrak mereka akan berakhir pada April 2021.
 
Dari fakta tersebut, maka durasi kontrak tiap artis di bawah agensi YG Entertainment, atau sering disingkat YG, adalah berbeda-beda.
 
Walaupun memiliki durasi kontrak yang bervariasi, lama kiprah mereka dalam dunia entertainment tergantung kesepakatan sang artis dan agensi.
 
 
Jika sang artis atau idol dan agensi, dalam hal ini YG, bersedia memperpanjang kontrak, maka karir mereka akan tetap berlanjut.
 
Hal ini seperti yang terjadi pada artis YG lainnya, yaitu Kang Dong Won, yang memiliki durasi kontrak pertama selama tiga tahun. Penandatanganan kontrak tersebut yakni pada tahun 2006.
 
Namun setelahnya, yaitu pada tahun 2019 ia memperbarui kontraknya.
 
Setelah itu, kabar terbaru pada 21 Januari 2021, aktor yang bermain dalam film zombie 'Train to Busan' ini disebut memperpanjang kontraknya kembali.
 
Selain itu, ada juga idol Kpop BIGBANG. Seperti yang dilansir PORTAL JEMBER dari The Korea Herald, BIGBANG yang memulai debut pada 2006 telah berakhir kontraknya pada 2011, namun kemudian masih melanjutkannya hingga 2015.
 
Lalu pada 2015 BIGBANG melanjutkan lagi kontraknya. Pada 2020, untuk yang ketiga kalinya boyband besar Korea ini melanggengkan kembali kontraknya bersama YG.
 
Jika dilihat dari sejarah perpanjangan kontraknya, boyband yang anggotanya kini tinggal terdiri dari G-Dragon, Taeyang, T.O.P, dan Daesung ini memiliki durasi kontrak yang bervariasi.
 
 
Mereka memulai durasi kontrak pertama selama 5 tahun yakni dari 2006 hingga 2011. Kemudian kontrak kedua selama empat tahun yang dimulai dari 2011 hingga 2015.
 
Sedangkan kontrak terbaru yang dimulai 2020 masih belum diketahui kapan berakhirnya.
 
Kesimpulannya, semua bergantung pada kesepakatan kedua belah pihak, antara sang artis atau idol dengan YG Entertainment.
 
Sama seperti tahun kapanBLACKPINK akan dibubarkan, waktunya bisa lebih lama atau lebih cepat dari asumsi orang tergantung kesepakatan kedua belah pihak.***

Editor: Boy Nugroho


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X