6 Cara Merawat Burung Perkutut Agar Sehat dan Gacor, Biar Keberuntungan Datang Terus

- 7 Oktober 2020, 13:45 WIB
Ilustrasi cara merawat burung perkutut agar sehat dan gacor. /PasarBurung.top

PORTAL JEMBER - Tren memelihara burung sebenarnya hampir tidak pernah surut, namun di masa pandemi, semakin banyak orang yang mengikuti tren ini.

Berbagai jenis burung pun diburu, mulai dari kenari, love bird, murai, dan masih banyak jenis lainnya. Akan tetapi, ada satu jenis yang selalu menjadi primadona di kalangan pecinta burung yaitu perkutut.
 
Beberapa kelompok masyarakat percaya, burung perkutut dapat membawa keberuntungan. Itu sebabnya, burung ini banyak dicari.
 
 
Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengerti cara merawat burung perkutut dengan baik dan benar. Padahal, jika dipelihara dengan baik, keberuntungan yang dibawanya bisa datang terus-menerus.
 
Jika Anda penasaran dengan cara merawat burung pembawa keberuntungan ini, simak 6 cara merawat burung perkutut agar sehat dan gacor yang PORTAL JEMBER lansir dari ekor9.
 
1. Rutin membersihkan kandang
 
Salah satu kunci untuk membuat burung perkutut tetap sehat dan gacor adalah menjaga kenyamanan lingkungannya. Salah satu yang penting untuk dilakukan adalah membersihkan kandang secara rutin.
 
Kandang yang kotor dapat menjadi lahan subur bagi pertumbuhan jamur dan bakteri yang bisa menimbulkan penyakit dan mempengaruhi intensitas kicauan burung perkutut.
 
Jadi, bersihkan kandang dari kotoran dan sisa-sisa makanan yang terjatuh. Bahkan jauh lebih baik jika rutin mencuci kandang dalam beberapa hari sekali agar selalu bersih.
 
 
2. Jaga kesehatan burung perkutut
 
Saat kesehatannya terganggu, perkutut biasanya enggan berkicau. Sebaliknya, saat ia sehat, perkutut cenderung lebih lincah dan rajin berkicau.
 
Beri pakan yang tepat dan rajin membersihkan sangkarnya adalah upaya untuk menjaga kesehatan burung perkutut. Selain itu, pemberian vitamin khusus burunh pun cukup penting dalam menjaga kesehatan perkutut.
 
3. Pemilihan pakan yang tepat
 
Jangan anggap remeh soal pemberian pakan. Kesehatan perkutut dapat lebih terjaga jika diberi jenis pakan yang tepat. Masih banyak orang yang tidak paham mengenai hal ini, sehingga cenderung asal dalam memilih pakan.
 
Agar perkutut tetap bugar dengan intensitas kicauan yang tinggi, kombinasikan biji-bijian seperti jagung, beras merah, dan biji lainnya dengan kroto, jangkrik, hingga ulat hongkong. Beri juga vitamin khusus burung yang sesuai agar perkutut semakin sehat dan gacor.
 
 
4. Mandikan dengan air anti bakteri
 
Perkutut memang unik, ia adalah jenis burung yang peka terhadap kondisi fisiknya. Jika dianggap tubuhnya sedang tidak segar atau tidak sehat, perkutut biasanya menjadi lesu dan malas berkicau.
 
Rutin menyemprot perkutut dengan air anti bakteri dapat membantu mengangkat seluruh kotoran yang ada pada tubuhnya. Jika sudah begini, perkutut pun menjadi segar, sehat, dan siap berkicau kembali.
 
5. Rajin menjemur burung perkutut
 
Setelah menyemprot atau memandikan burung perkutut, jemurlah ia di bawah sinar matahari. Waktu terbaik untuk menjemur perkutut ialah mulai dari pukul 7.00 hingga pukul 10.00 pagi.
 
Selain dapat menghangatkan tubuh perkutut usai dimandikan, sinar matahari pagi pun mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan dan kesegaran burung perkutut.
 
 
6. Latihan berkicau
 
Setelah melakukan perawatan yang telah disebutkan, sekarang saatnya Anda melatih perkutut peliharaan untuk berkicau. Perkutut memang harus terus dilatih agar kicauannya nyaring dan panjang.
 
Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan rutin memutar masteran burung perkutut. Hal ini bermanfaat untuk merangsang burung agar mengingat dan mengikuti masteran yang diputar.
 
Selain itu, beri minum perkutut dengan air kencur untuk membuang lendir yang terdapat di tenggorokannya. Dengan begitu, perkutut peliharaan Anda akan lebih sehat dan gacor, ia pun kembali siap memberikan keberuntungan kepada Anda.***
 

Editor: Boy Nugroho

Sumber: Ekor9


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X