Mengenal Sirih Cina: Banyak Tumbuh Liar di Pinggir Got, Kini Banyak Dicari untuk Obat

- 14 September 2020, 11:25 WIB
Daun suruhan. /Istimewa

PORTAL JEMBER – Banyak tumbuhan di sekitar yang sering tidak kita pedulikan keberadaannya ternyata memiliki khasiat luar biasa dalam pengobatan.

Salah satunya sirih cina, atau disebut juga suruhan atau ketumpang air. Tanaman ini kini banyak dijual di marketplace di kisaran harga hampir Rp60 ribu per kilogramnya.

Sirih cina dipercaya memiliki khasiat untuk mengurangi keluhan bahkan bisa mengobati sejumlah penyakit berikut: mengobati bisul, jerawat, radang kulit, abses, luka bakar, luka memar/luka terpukul.

Sirih cina bisa juga mengatasi bengkak, mengobati pegal-pegal, gangguan kemih, sakit persendian karena rheumatik, penyakit ginjal, meredakan sakit kepala pada penderita demam, mengobati sakit perut, mengurangi asam urat, meredakan nyeri spasmodik parah pada perut yang disebabkan oleh distensi (kolik).

Baca Juga: 5 Masalah Umum Program Prakerja, Mulai Gagal Daftar hingga Insentif Tak Segera Cair, Simak Ulasannya

Cara pemakaian atau konsumsinya relatif mudah. Bisa direbus lalu diminum. Atau ditumbuk halus lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit.

Selain khasiatnya yang banyak dan menakjubkan untuk kesehatan, hal lain yang juga mengejutkan dari tanaman ini, ternyata selama ini sirih cina banyak tumbuh di sejumlah tempat yang sering kita abaikan bahkan terkesan jorok.

Di dinding yang lembab dan lumutan misalnya. Sirih cina juga banyak tumbuh di pinggiran got berdinding batu bata atau bebatuan. Di celah-celah batu itulah si sirih cina ini sering menyembul dengan subur.

Baca Juga: Kreatif! Bonsai Bunga Krokot Ternyata Sangat Cantik dan Eksotis, Ini Tutorial Singkat Cara Tanamnya

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X