Takut Berkomitmen dan Terus Menjomblo? Anda Mungkin Mengidap Philophobia, Kenali Tanda-tandanya

- 9 Agustus 2020, 21:05 WIB
Ilustrasi patah hati. //Pixabay/Matvevna

PORTAL JEMBER - Jatuh cinta adalah impian banyak orang. Terlebih jika merasa menemukan orang yang tepat, bukan tidak mungkin hubungan dan komitmen akan berlanjut ke jenjang yang lebih serius.

Namun, rumusan ini ternyata tak selalu mengikuti pola yang lurus. Ada yang justru takut jatuh, apalagi menjalin hubungan yang serius dan berkomitmen. Sekilas terkesan aneh, nyatanya hal ini benar-benar ada.

Ada orang yang benar-benar takut untuk jatuh cinta. Seperti ketakutannya pada hal-hal lain yang sering kita sebut sebagai fobia.

Secara sederhana, fobia adalah jenis gangguan kecemasan yang ditimbulkan oleh ketakutan akan hal atau situasi tertentu. Rasa takut biasanya begitu kuat sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang. Salah satu fobia yang mungkin agak baru adalah Philophobia.

Baca Juga: Mengenal ‘Generasi Stroberi’, Generasi yang Sangat Cerdas Namun Kepribadiannya Rapuh

Philophobia adalah jenis fobia ketika seseorang merasa takut jatuh cinta, bahkan menganggap bahwa memiliki hubungan emosional dengan orang lain adalah suatu ketidakmungkinan.

Pengidap philophobia memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung tingkat ketakutan yang dialaminya. Secara umum, tanda ketika seseorang takut jatuh cinta antara lain: muncul perasaan takut yang tidak masuk akal terhadap cinta, sering menghindari kontak dengan lawan jenis, mudah panik dan berkeringat saat mulai merasakan ketertarikan dengan orang lain, dan sejumlah gejala fisik yang sering muncul pada orang yang mengalami fobia.

Sama halnya dengan fobia lain pada umumnya, philophobia seringkali juga dipicu oleh sejumlah trauma psikologis di masa lalu.

Baca Juga: Laki-laki Juga Bisa ‘Menopause Dini’, Kenali dan Antisipasi Gejalanya

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X