Menopause Dini Sangat Menakutkan bagi Perempuan, Kenali Gejala dan Upaya Antisipasinya

- 8 Agustus 2020, 14:15 WIB
HOBI membaca.* /Pixabay/

PORTAL JEMBER - Menopause adalah bagian dari proses penuaan yang umum dialami oleh kaum perempuan. Menopause adalah kondisi ketika perempuan berhenti menstruasi dan tidak bisa lagi hamil secara alami.

Umumnya, menopause terjadi di rentang usia 45-55 tahun. Untuk Indonesia, rata-rata usia menopause adalah 51 tahun.

Namun, kondisi tiap perempuan berbeda. Ditambah dengan sejumlah pemicu lain, ada kalanya perempuan mengalami menopause lebih cepat atau disebut dengan menopause dini.

Bagi perempuan, menopause dini merupakan sesuatu yang sangat menakutkan. Banyak bayangan dan pikiran horror yang kemudian menghantui benak perempuan saat mendengar istilah ini.

Selain berarti tak bisa hamil lagi, sedang beberapa perempuan belum kunjung memiliki momongan di usia yang tidak muda lagi, menopause dini juga identik dengan sejumlah hal lain yang cukup mengkhawatirkan terkait kesehatan.

Baca Juga: Mengenal ‘Generasi Stroberi’, Generasi yang Sangat Cerdas Namun Kepribadiannya Rapuh

Seperti penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang menopause dini tersebut beresiko lebih besar menderita penyakit jantung dan kematian prematur. Secara umum, risikonya 50 persen lebih tinggi.

Agar tak panik berlebihan dan bisa melakukan sejumlah upaya antisipasi dini, mari kita kenali menopause dini sebaik mungkin.

dari sejumlah sumber disebutkan, menopause dini terjadi jika perempuan yang masih berusia di bawah 40 tahun sudah berhenti menstruasi. Gejalanya hampir serupa dengan menopause normal, yakni seperti menstruasi yang tidak teratur, menstruasi yang lebih banyak ataupun sedikit dibanding biasanya, dan merasakan sensasi panas seketika yang menyebar ke tubuh bagian atas atau hot flush.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X