Memilih Dokter Gigi Praktik Pribadi untuk Faskes I BPJS, Ini Dia Kekurangan dan Kelebihannya

- 11 Juli 2020, 17:45 WIB
FOTO ilustrasi dokter gigi.*/REUTERS /

PORTAL JEMBER - Salah satu layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau Faskes I yang bisa dimanfaatkan oleh peserta BPJS adalah layanan kesehatan gigi.

Berdasarkan informasi dari laman resmi BPJS Kesehatan, peserta bisa memilih dokter gigi di tempat-tempat berikut: dokter gigi di Puskesmas, dokter gigi di klinik, atau dokter gigi praktik mandiri/perorangan.

Pilihan satu dan dua, yakni dokter gigi di Puskesmas atau klinik, memiliki kesamaan, yakni keduanya include dengan layanan dokter umum. Sedang jika memilih opsi yang ketiga, maka untuk fasilitas dokter umum, kita cari juga dokter umum yang praktik pribadi atau perorangan.

Baca Juga: Dokter Korban Virus Corona Tembus 52 Orang, Lima Orang Meninggal Dunia dalam 24 Jam

Kedua pilihan ini, dokter praktik pribadi vs dokter praktik bersama baik di klinik maupun puskesmas, memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kali ini Portal Jember akan menghimpun informasinya untuk Anda dari berbagai sumber.

Kelebihan memilih dokter gigi praktik pribadi/perorangan:

Kelebihan yang pertama, kita bisa memilih dokter yang benar-benar kita sukai atau merasa cocok. Sebelum memutuskan, bisa mencari referensi dari teman-teman atau kerabat yang rutin ke dokter gigi. Tidak menutup kemungkinan kita bisa mendapatkan dokter gigi senior atau yang sudah terkenal reputasinya.

Baca Juga: Tak Tahan Menghadapi Amukan Netizen, Akun Instagram Ikatan Dokter Indonesia Menutup Kolom Komentar

Jika berhasil mendapatkan dokter gigi yang tepat, hubungan antar dokter dan pasien juga bisa lebih nyaman. Konsultasi bisa dilakukan secara online di luar jam praktik. Atau, mudah juga membuat janji sehingga kita tidak menunggu lama saat antri.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X