Ribuan CV Sudah Terkirim tapi Sekalipun Tak Pernah Dipanggil HRD, Mungkin Ini Sebabnya

- 5 Juli 2020, 09:32 WIB
Ilustrasi membuat CV. //unsplash

PORTAL JEMBER - Lapangan kerja yang terbatas sementara jumlah pencari kerja membludak, membuat persaingan kerja semakin sengit.

Banyak yang curhat di sejumlah laman media sosial betapa sulitnya mencari kerja di zaman sekarang. Terlebih ketika dunia kerja dan usaha juga turut dihantam keras pandemi Covid-19.

Ribuan Curriculum Vitae (CV) sudah dikirim, namun tak sekalipun dipanggil oleh HRD. Padahal CV sudah didesain sedemikian bagusnya. Eza Hazami, seorang recruiter sekaligus HR Content Creator, membocorkan sejumlah kemungkinan mengapa seorang job seeker tak kunjung direspon oleh HRD.

Baca Juga: Kadang Dianggap Remeh, Simak Fungsi Spion Motor yang Wajib Anda Ketahui

Melalui akun Twitternya di @ezash, ia membuat thread khusus mengenai hal ini. Thread yang diposting pada 3 Juli 2020 lalu ini telah diretweet belasan ribu orang. Cek poin penting, barangkali ada yang mirip dengan kasusmu.

LAMARANMU GAK SESUAI. Di poin ini, menurut Eza, kebanyakan pelamar kadang masih suka memakai metode email blast dan prinsip “Ah siapa tau masih rejeki”?

Gak ada salahnya. Hanya, HRD juga punya kualifikasi sendiri saat mencari kandidat pekerja. Spamming lamaran yang tidak sesuai kualifikasi acapkali membuat mereka kesal saat screening kandidat.

Baca Juga: Malaysia Heboh Benci Kebodohan Netizen Indonesia Sebab Guyonan Upin Ipin Berisi Kekerasan Seksual

Sarannya, baca lagi lowongan kerja yang ada. Benarkah ada kualifikasi kita? Tetap bisa dicoba meski hanya beberapa yang sesuai kualifikasi. Tapi kita juga harus paham bahwa mungkin saja kita tidak masuk prioritas.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X