Kenali 5 Tanda Anak Mulai Depresi di Masa Pandemi

- 2 Juli 2020, 10:30 WIB
Ilustrasi aktivitas anak. /Zed Harisson//Pixabay

PORTAL JEMBER - Covid-19 masih belum jelas kapan akan berakhir. Sedang anak-anak sudah hampir 4 bulan terakhir hanya di rumah saja. 

Ditambah masa belajar di rumah yang besar kemungkinan masih akan berlangsung hingga akhir tahun. Mereka rentan mengalami depresi.

Menurut Unicef, anak-anak tidak hanya berisiko tinggi tertular Covid-19, namun juga menjadi bagian dari anggota masyarakat yang paling parah terkena dampaknya. Termasuk dalam aspek psikologis.

Baca Juga: Siap-siap! Sejumlah Mobil Operasional akan Dilelang oleh Pemerintah, Harga Murah Mulai Rp 24 Jutaan

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak pun memiliki kerentanan yang sama untuk mengalami mental illness, salah satunya depresi.

Menurut sebuah survei nasional yang dilakukan oleh situs kesehatan asal Amerika Serikat, WebMD, kebanyakan orangtua tidak menyadari munculnya tanda-tanda anak stres. Padahal, anak lima tahun sampai usia remaja juga mungkin diserang stres.

Sangat disayangkan karena jika tidak terdeteksi sejak dini, depresi pada anak juga bisa berlanjut dan berdampak serius. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut sejumlah tanda-tanda depresi pada anak yang patut orang tua kenali sejak dini.

Baca Juga: Seorang Wanita Lakukan Hal Tak Senonoh dengan Bocah 14 Tahun, Tak Dipenjara Tapi Dapat Hukuman Ini

Pertama, terjadi perubahan sikap yang cukup signifikan. Misal dari yang semula ceria, menjadi lebih banyak diam, murung, dan bahkan mungkin sering menatap dengan tatapan kosong.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X