Cegah Penuaan Dini, Salah Satunya Konsumsi Susu Rendah Lemak

- 22 Mei 2020, 12:02 WIB
Susu rendah lemak efektif mencegah penuaan dini. //Pixabay

PORTAL JEMBER - Penuaan dini menjadi persoalan bagi sebagian orang. Apalagi bagi public figure yang amat memperhatikan penampilan.

Dari berbagai cara untuk mencegah penuaan dini, salah satu cara yang bisa Anda pergunakan adalah mengonsumsi susu rendah lemak.

Meminum susu rendah lemak, baik yang tanpa lemak atau berkandungan 1 persen lemak, secara signifikan berhubungan dengan melambatnya penuaan pada orang dewasa.

Baca Juga: Bukan Pengusaha, Pemenang Lelang Motor Jokowi Rp 2,5 M Ditangkap atas Dugaan Penipuan

Susu berlemak 1 persen dan 2 persen--memang perbedaan yang tipis secara kandungan --, tapi pola konsumsi keduanya membawa perbedaan dampak yang sangat signifikan.

Orang yang meminum susu 1 persen lemak akan mengalami penuaan 4,5 tahun lebih lambat dibanding yang mengonsumsi susu berlemak 2 persen, menurut studi ilmuwan di Birgham Young University (BYU), AS, seperti dikutip dari Antara.

Profesor sains olahraga di BYU, Larry Tucker, yang melakukan penelitian ini menyimpulkan ada keterkaitan kuat konsumsi susu rendah lemak dengan telomer yang lebih lama pada orang dewasa.

Baca Juga: Di Bali, Pengendara Motor Tak Pakai Masker Justru Tidak Dihukum Tapi Disambut Tarian Lokal

Profesor Larry Tucker, Ph.D., yang meneliti 5.834 orang dewasa AS, menemukan orang yang minum susu rendah lemak (1 persen) mengalami beberapa tahun lebih lambat mengalami penuaan biologis daripada mereka yang minum susu berlemak lebih tinggi (2 persen atau lebih).

"Mengejutkan betapa kuat perbedaannya. Jika Anda akan minum susu berlemak tinggi, Anda harus sadar bahwa hal itu dapat diprediksi atau terkait dengan beberapa konsekuensi penting," kata Tucker dalam tulisannya dalam publikasi BYU.

Tucker menyelidiki hubungan antara panjang telomer dan frekuensi asupan susu (peminum harian vs peminum mingguan atau kurang) dan kadar lemak susu yang dikonsumsi (full-fat vs 2 persen vs 1 persen vs skim).

Baca Juga: Inilah Sosok Suami Tante Ernie Pemersatu Bangsa yang Belum Banyak Diketahui Orang

Telomer adalah endcaps nukleotida dari kromosom manusia. Mereka bertindak seperti jam biologis dan mereka sangat berkorelasi dengan usia; setiap kali sel bereplikasi, manusia kehilangan sedikit endcaps. Karena itu, semakin tua usia, semakin pendek telomer mereka.

Dan, tampaknya, semakin banyak orang yang minum susu berlemak tinggi, semakin pendek telomer mereka, menurut penelitian yang juga diterbitkan dalam Oxidative Medicine dan Cellular Longevity itu.

Studi ini mengungkapkan bahwa untuk setiap peningkatan 1 persen lemak susu yang dikonsumsi (minum 2 persen vs 1 persen susu), telomer lebih pendek 69 pasangan basa pada orang dewasa yang diteliti, yang diterjemahkan menjadi lebih dari empat tahun dalam tambahan penuaan biologis.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X