Penyebab Tersering Kematian Setelah Satu Tahun Terserang Stroke

- 24 Juni 2021, 10:35 WIB
Ilustrasi penyebab tersering kematian setelah satu tahun terserang stroke.
Ilustrasi penyebab tersering kematian setelah satu tahun terserang stroke. /Pexels/Mart Production

 

PORTAL JEMBER - Stroke merupakan salah satu penyebab kematian orang dewasa. Penyakit ini merupakan penyakit fatal sekaligus melumpuhkan yang menimbulkan beban besar pada pasiennya.

Stroke terjadi ketika suplai darah ke bagian otak terganggu atau berkurang, mencegah jaringan otak mendapatkan oksigen dan nutrisi. Sel-sel otak mulai mati dalam hitungan menit.

Dilansir PORTAL JEMBER dari laman Saebo, berdasarkan hasil studi Denmark tentang tingkat kelangsungan hidup stroke, yakni dalam sebuah penelitian di Denmark melibatkan 5.262 pasien stroke yang menderita stroke antara tahun 1982 dan 1991.

Baca Juga: Profil dan Biodata Peppy, Komedian yang Kini Terbaring Lemas hingga Gunakan Selang Oksigen karena Covid-19

Semua pasien stroke dalam penelitian tersebut berusia minimal 25 tahun. Studi ini menemukan bahwa mereka yang selamat dari stroke lima kali lebih mungkin meninggal antara empat minggu dan satu tahun setelah stroke pertama. Mereka dua kali lebih mungkin meninggal setelah lebih dari satu tahun berlalu.

Kurang dari 28 hari setelah stroke, risiko kematian diperkirakan 28 persen, tetapi setelah satu tahun, 41 persen; dan setelah lima tahun, risikonya meningkat menjadi 60 persen. Studi ini meningkatkan tingkat kematian yang berlebihan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti kanker, penyakit kardiovaskular dan penyakit lain, bunuh diri, atau kecelakaan.

Sementara itu, dikutip PORTAL JEMBER dari buku yang berjudul 60 Hal Tentang Perawatan Stroke Di Rumah oleh Tim Keperawatan PK. St. Carolus, pada halaman 19, penyebab tersering kematian setelah satu tahun terserang stroke adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Ragu Melihat Hubungan Rizky Billar dan Lesti Kejora, Roy Kiyoshi: Aku Takut Billar Nggak Setia

Halaman:

Editor: Boy Nugroho


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X