Tanda-tanda dan Penyebab Keracunan pada Kucing, Salah Satunya Muntah

- 8 April 2021, 19:30 WIB
Ilustrasi kucing /PIXABAY/K L

PORTAL JEMBER - Racun adalah salah satu penyebab kematian. Tidak hanya pada manusia tetapi juga hewan peliharaan kesayangan di rumah.

Hewan peliharaan seperti kucing juga bisa keracunan karena beberapa hal, seperti tidak sengaja memakan tikus yang sudah diracuni. Hal ini dapat mengancam jiwa si kucing.

Racun, terutama insektisida atau racun tikus, bertindak cepat saat molekul yang menempel pada sel darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Racun mempengaruhi tubuh kucing dengan berbagai cara tergantung pada bahan aktifnya.

Beberapa racun menyerang sel darah, menyebabkan perdarahan internal, yang lain yang mengatur sistem saraf pusat, mempengaruhi otak dan jantung, sedangkan racun lainnya mengatur organ, perlahan-lahan menutup setiap organ vital.

Baca Juga: 14 Kunci Hidup Bahagia dan Sukses, Diantaranya Jangan Pernah Membohongi Orang yang Mempercayaimu

Baca Juga: Akhirnya Arya Saloka, Amanda Manopo, Glenca Chysara, dan Evan Sanders Satu Frame, Netizen: Kan Enak Liatnya

Keracunan pada kucing selalu merupakan situasi darurat yang harus segera ditangani oleh dokter hewan profesional. Pemilik kucing yang menunggu untuk mencari pertolongan medis atau mencoba perawatan keracunan sendiri di rumah tanpa dokter hewan kemungkinan akan mati mendadak.

Tanaman, obat-obatan, insektisida, bahan kimia, dan bahkan produk makanan manusia dapat meracuni kucing.

Jika seseorang menyaksikan kucingnya bersentuhan atau mengamati produk yang dia tahu beracun, dirinya dapat segera mencari perawatan medis sebelum racun menyebar ke seluruh tubuh si kucing.

Halaman:

Editor: Jansilmi Nur Al-Zia

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X