Tak Hanya Pria, Simak Profil Wanita Terkaya di Indonesia yang Masuk Forbes Berikut

- 6 Februari 2021, 09:30 WIB
Wanita terkaya di Indonesia yang masuk Forbes.
Wanita terkaya di Indonesia yang masuk Forbes. /Kolase foto Instagram.com/@anayuking/@herbakingjournal
PORTAL JEMBER - Biasanya daftar orang terkaya di Indonesia umumnya hanya pria yang banyak dikenal.
 
Mulai dari jajaran R.Budi dan Michael Hartono, Chairul Tanjung, Putera Sampoerna, hingga Hari Tanoesoedibjo.
 
Namun sebetulnya terdapat juga wanita yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia. Bahkan mereka dinobatkan menjadi salah satu dari 50 orang terkaya oleh Forbes.
 
 
Berikut PORTAL JEMBER sajikan daftarnya, dilansir dari berbagai sumber.
 
1. Arini Subianto
 
Arini Subianto merupakan salah satu perempuan terkaya di Indonesia. Perempuan ini juga masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada 2020.
 
Ia menempati urutan ke-43 orang terkaya di Indonesia pada tahun tersebut, dengan total kekayaan bersih pada 12 September 2020 sebesar 610 juta dolar.
 
Angka tersebut jika dirupiahkan menjadi sebesar 8,54 triliun rupiah lebih.
 
Pada 2017, karena ayahnya meninggal, Arini yang merupakan anak tertua diberikan mandat untuk menggantikannya sebagai pemimpin perusahaan.
 
Kini perempuan berusia 50 tahun menjabat sebagai presiden direktur di perusahaan keluarganya bernama Persada Capital Investama.
 
 
Putri dari mendiang Benny Subianto ini juga mengawasi investasi perusahaannya di produk pengolahan minyak sawit, kayu, pengolah batubara, dan karet.
 
Selain itu, Persada Capital Investama juga memiliki saham minoritas di perusahaan batubara raksasa, Adaro Energy.
 
Wanita pecinta buku dan souvenir ini pada 2003 menggabungkan toko furnitur dan souvenir miliknya dengan toko buku Aksara yang didirikan oleh salah satu teman sekolah menengahnya di Amerika.
 
Arini merupakan lulusan Parsons School of Design dan mendapat gelar MBA di Fordham University, New York City.
 
Selain menjadi salah satu perempuan terkaya di Indonesia, Arini memiliki perjuangan hidup yang keras karena ia merupakan single mom sejak 2012.
 
 
Pada tahun itu, suaminya yang merupakan Direktur Corporate Affair di PT Adaro Energy Tbk meninggal dalam kecelakaan saat mengendarai motor sport-nya.
 
Meskipun begitu, wanita yang hobi membuat roti sejak pandemi Covid ini tetap bangkit dan berjuang membesarkan kedua anaknya seorang diri.
 
2. Kartini Muljadi
 
Peringkat pertama diduduki oleh Kartini Muljadi. Kekayaan wanita ini salah satunya berasal dari kepemilikannya atas Tempo group.
 
Perusahaan terbesar di Tempo group, yaitu Tempo Scan Pacific, merupakan produsen obat-obatan dan makanan yang terkenal di Indonesia.
 
Selain itu, wanita kelahiran 17 Mei 1930 ini juga merupakan seorang pengacara dan mantan hakim. Ia memiliki firma hukum korporasi dan komersial yang terkenal di Indonesia, yaitu Kartini Muljadi & Rekan.
 
Kini perusahaannya, Tempo Scan Pacific, dikelola oleh Handojo Selamet Muljadi yang merupakan anaknya sendiri.
 
 
Dilansir PORTAL JEMBER dari berbagai sumber, pada tahun 2020 jumlah kekayaan bersih wanita berusia 90 tahun ini mencapai 620 juta dolar.
 
Angka tersebut setara dengan Rp8,68 triliun lebih dengan kurs satu dolar sama dengan Rp14.014.
 
Total kekayaannya tersebut menobatkannya menjadi salah satu dari 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada 2020, dengan posisi ke-42.***

Editor: Boy Nugroho


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X