5 Cara agar Ikan Cupang Tidak Mati Saat Bepergian Jauh, Salah Satunya Jangan Beri Makan

- 4 Februari 2021, 07:10 WIB
Ilustrasi Ikan Cupang
Ilustrasi Ikan Cupang /Pixabay/YanCabrera

 

 
PORTAL JEMBER - Ikan cupang merupakan ikan yang dibilang daya tahan hidupnya cukup kuat, bahkan bisa bertahan hidup selama seminggu tanpa makanan dan minim oksigen. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk ikan cupang yang sehat dan perawatan bagus.
 
Terkadang, ada waktunya seseorang akan pergi meninggalkan rumah berhari-hari atau dalam waktu yang cukup lama. Hal ini membuat peliharaan ikan cupang yang akan ditinggal tidak diberikan makan.
 
Dikutip PORTAL JEMBER dari berbagai sumber pada 4 Februari 2021, berikut cara agar ikan cupang tidak mati saat ditinggal bepergian jauh.
 
 
1. Meminta bantuan orang lain
 
Cara terbaik untuk memastikan ikan cupang tetap bisa diberi makan saat sedang bepergian. Meminta bantuan seseorang memberi makan ikan cupang setiap hari akan menyebabkan stres paling sedikit bagi ikan cupang dan pemiliknya.
 
Pastikan telah memberi intruksi kepada seseorang tersebut mengenai jumlah maupun jenis makanan yang dibutuhkan ikan cupang, kalau perlu sudah mempersiapkannya secara khusus dengan diletakkan ke dalam kotak.
 
Selama orang yang membantu memberi makan ikan cupang mengikuti instruksi, pastinya akan memberi makan ikan cupang dengan baik.
 
 
2. Mengganti air tiga hari sebelum pergi
 
Tiga hari sebelum bepergian, pemilik ikan cupang harus mengganti air tersebut dengan air yang baru, bersih dan sudah diendapkan beberapa hari.
 
3. Menggunakan wadah yang lebih besar
 
Memindahkan ikan cupang ke wadah yang lebih besar, hal ini dilakukan agar air tidak cepat kotor selama ditinggal pergi.
 
4. Masukkan tanaman air
 
Tanaman air juga sangat berguna untuk ikan cupang saat ditinggalkan dengan waktu yang cukup lama, karena tanaman air dapat mengeluarkan lumut dan juga hewan-hewan kecil yang bisa dijadikan makanan ikan cupang. 
 
Tanaman air yang dapat digunakan, yaitu eceng gondok, apu-apu atau tanaman air lainnya.
 
 
5. Jangan beri makan
 
Pilihan cara yang mungkin terdengar kejam, tetapi sebenarnya cukup baik untuk ikan cupang.
 
Jika pemilik ikan cupang hanya akan pergi tidak lebih dari 4 hari maka tidak perlu khawatir untuk tidak memberi makan ikan cupang.
 
Cupang yang berpuasa cukup umum dan ini cara yang bagus untuk mengurangi kemungkinan mereka menjadi sembelit.
 
Namun, tetap berhati-hatilah. Pemilik ikan cupang tidak boleh membiarkan berpuasa lebih dari tiga hari. Setelah tiga hari, tubuh ikan cupang akan mengalami kelaparan, yang akan membuatnya stres.
 
 
Stres ini sering kali dapat meningkatkan kemungkinan sakit. Tindakan ini mungkin tidak disarankan untuk cupang yang sudah tua. Mereka tidak akan sekuat cupang dewasa yang sehat.***

Editor: Boy Nugroho


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X