Ingin Cupang Cepat Mutasi dan Menghasilkan Warna yang Indah? Lakukan Cara Berikut Ini

- 13 Desember 2020, 17:30 WIB
Ilustrasi ikan cupang yang terserang penyakit.
Ilustrasi ikan cupang yang terserang penyakit. /PIXABAY/joshuaclifford123

PORTAL JEMBER - Selain ekornya yang bisa mengembang, daya tarik dari ikan cupang lainnya adalah warnanya yang mempesona. Hal itulah yang menjadi harga dari ikan hias yang satu ini dibandrol dengan harga yang fantastis.

Namun untuk mendapatkan warna ikan cupang yang indah sangatlah sulit dan memakan waktu yang cukup lama. Meskipun demikian, terdapat cara-cara yang bisa dilakukan dengan mudah bahkan tidak memerlukan budget yang besar dan waktu yang singkat.

Sebagaiamana yang dilansir PORTAL JEMBER dari chanel Youtube @Asli Original yang diunggah pada Oktober 2020, cara pertama adalah tambahkan air sedikit demi sedikit pada botol atau wadah cupang. Waktu pemberian air sendiri dilakukan di pagi dan sore hari.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Habib Rizieq dan Polda Metro, Ustadz Abdul Somad Tolak Undangan Keluarga Jokowi

Jika botol sudah penuh, maka gantilah air tersebut menggenakan air yang baru. Selain itu, berikan juga daun ketapang pada wadah. Pasalnya daun ketapang sangat bagus untuk mempercepat cupang mutasi warna.

Bukan hanya itu saja, daun ketapang juga berfungsi untuk antisipasi saat musim hujan datang. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan air yang diberi daun ketapang berubah menjadi gelap.

Cepat atau tidaknya mutasi pada ikan cupang ditentukan juga dengan pemberian pakan. Jika ingin hasil yang maksimal, berilah cupang pakan hidup seperti jentik nyamuk atau cacinng sutera. Namun jika tidak ada, bisa digantikan dengan pelet. Pastikan pemberian pakan dengan takaran yang pas dan rutin.

Baca Juga: Trending Tagar 'Negara Damai Tanpa FPI' Polri Beberkan Pasal Ini

Yang terpenting dalam mutasi ikan cupang adalah faktor dari gen atau indukannya. Apabila cupang mempunyai gen atau indukan cepat mutasi, maka cupang anakan pun akan cepat mutasi juga. Maka dari itu, memilih cupang indukan yang cepat mutasi adalah faktor utama jika ingin memelihara cupang.

Halaman:

Editor: Jansilmi Nur Al-Zia


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X