Pandemi Covid-19, Saatnya Berwakaf

- 8 Juni 2020, 09:21 WIB
*Dok. Pribadi /

Oleh: Abdul Majid Toyyibi, M.E*

Ramadhan sudah meninggalkan kita, namun Covid-19 belum hilang di negeri tercinta. Covid-19 tidak saja merenggut nyawa manusia, tapi juga mematikan aktivitas masyarakat, baik di perkantoran, pasar, tempat ibadah, sekolah, dan lain sebagainya.

Dibalik segala musibah, Allah sejatinya menurunkan kemudahan. Sebagaimana Allah bersabda dalam QS. Al-Insyirah,

Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad), dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu, yang memberatkan punggungmu, dan Kami tinggikan sebutan nama(mu) bagimu, maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain, dan hanya kepada Tuhanmu lah engkau berharap”.

Baca Juga: Kapal Coast Guard Tiongkok Ini Dijuluki Monster Laut, Milik Amerika Serikat Saja Dilibas

Menurut Imam Jalaluddin as-Suyuthi, QS. Al-Insyirah atau As-Syarh ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ketika orang musyrik menghina dan memperolok-olok kefakiran orang Muslim.

Saat itu, kondisi pengikut Nabi Muhammad SAW dalam keadaan miskin dan menderita. Allah kemudian menurunkan As-Syarh untuk menghibur Rasulullah dan kaum Muslim sekaligus sebagai solusi dalam mengatasi segala kesulitan.

Untuk itu, kita harus meyakini bahwa kesulitan ekonomi, kesulitan sumber kehidupan, bahkan kesulitan dalam penanganan Covid-19, Allah janjikan kemudahan dibaliknya.

Bagi mereka yang dilebihkan harta, situasi pandemi saat ini membutuhkan disisihkannya sebagian harta tersebut. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadisnya,

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X