Peluang Bisnis Menggiurkan si 'Emas Putih': Kotoran Burung Laut Ternyata Bernilai Triliunan Rupiah

- 9 Agustus 2020, 21:43 WIB
ILUSTRASI burung.* /Pixabay/12019/

PORTAL JEMBER - Kotoran sejumlah burung dikenal memiliki harga yang sangat mahal. Ini karena khasiat atau manfaat yang dikandung sangat luar biasa dan bernilai ekonomi tinggi.

Tak urung, bisnis yang satu ini mampu memikat sejumlah orang yang tak sayang untuk menginvestasikan dana yang tidak sedikit untuk menjalankan bisnis kotoran burung.

Sebuah penelitian baru-baru ini terkait dengan nilai ekonomis kotoran burung mungkin akan membuat banyak orang semakin tertarik.

Penelitian baru menemukan bahwa kotoran atau tinja burung ternyata jauh lebih berharga dari perkiraan sebelumnya.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Daily Mail, studi itu menghitung kotoran burung laut seperti burung camar dan pelikan yang bernilai hingga triliunan rupiah setiap tahunnya. Kotoran ini bahkan dijuluki 'emas putih' saking berharganya.

Kotoran burung laut secara formal disebut juga guano yang bisa digunakan sebagai pupuk komersial dan nutrisi untuk kesehatan kehidupan di pesisir maupun di lautan.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Lukisan Termahal, 'Salvator Mundi' Karya Leonardo da Vinci Ini Diragukan Keasliannya

Para ilmuwan berpendapat, temuan baru itu bisa menyelamatkan burung camar, pelikan, penguin dan spesies lain yang dilindungi.

Salah seorang profesor Ekologi, Marcus Cianciaruso dari Federal University of Goias, Brasil menganggap penemuan tersebut mengejutkan baginya.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X