Lonjakan Kasus Covid-19 Memicu Kenaikan Harga Emas

- 3 Juli 2020, 13:35 WIB
Ilustrasi logam mulia Antam. //Laman Investor

PORTAl JEMBER - Lebih dari 52.000 kasus baru Covid-19 dilaporkan di Amerika Serikat pada Rabu (1/7/2020) memecahkan rekor yang ditetapkan pada akhir April. Kenaikan jumlah pasien baru Covid-19 juga terjadi di Indonesia pada hari kemarin, Kamis (2/7/2020).

Menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, penambahan kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari kemarin mencapai 1.624 orang. Sehingga, total pasien terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia menjadi 59.394 kasus. 

Baca Juga: Sales Mobil Menjerit, Tak Satu pun Unit terjual dalam 1 Bulan

Kenaikan jumlah pasien baru Covid-19 yang terjadi di banyak negara ini telah memberi sentimen negatif terhadap aset beresiko. Harga emas berjangka meningkat pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), meskipun data menunjukkan ekonomi AS menciptakan rekor baru lapangan pekerjaan untuk Juni, seperti dikutip dari laman Antara.

Laporan penggajian nonpertanian yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan Amerika Serikat menambahkan 4,8 juta pekerjaan baru pada Juni. Lebih baik dari yang diperkirakan dan terbesar sejak pemerintah mulai membuat catatan pada 1939.

Baca Juga: AS Catat Rekor Tambahan Kasus Harian Capai 50.000, Donald Trump: Saya Dukung Penggunaan Masker

Sementara itu, tingkat pengangguran turun untuk bulan kedua berturut-turut menjadi 11,1 persen pada Juni, juga lebih baik dari yang diperkirakan. Laporan lain dari Departemen Tenaga Kerja AS menempatkan klaim penganggguran awal pada pekan yang berakhir 27 Juni sebesar 1,43 juta, lebih buruk dari yang diperkirakan dan memberikan beberapa dukungan terhadap harga emas.

Dolar yang melemah ditambah ketakutan atas lonjakan Covid-19 memberi pengaruh terhadap kenaikan harga logam mulia.

Baca Juga: Putin Berpotensi Memimpin Rusia Seumur Hidup

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X