5 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di Era Kenormalan Baru

- 2 Juli 2020, 08:35 WIB
Ilustrasi makanan. //Pexels

PORTAL JEMBER - Masyarakat mulai beradaptasi dengan pandemi. Termasuk beradaptasi untuk tetap bisa survive melalui sejumlah jenis usaha yang mungkin dikembangkan di masa sulit.

Pandemi yang salah satunya berefek pada work from home bagi sejumlah pekerja, bahkan benar-benar ‘dirumahkan’ karena tempat usaha yang gulung tikar, membuat banyak orang harus memutar otak agar tetap bisa survive.

Beberapa di antaranya memulai usaha baru yang bertolak belakang dengan pekerjaan sebelumnya atau tidak sinkron dengan bidang dan skill yang dulu dikuasainya. Apapun dicoba berdasarkan peluang yang ada.

Baca Juga: Humas Pemkab Jember Beri Uang Saku Jurnalis Rp 115 Juta, BPK Sebut Tidak Tepat

Sebagai contoh, menurut catatan Nielsen, kebutuhan hand sanitizer yang semula hanya berkisar 1 persen meroket menjadi 199 persen, sabun tangan cair bertambah menjadi 285 persen, antiseptik cair 233 persen, dan tisu basa menjadi 151 persen.

Selain produk sanitasi, masker kain non medis juga mengalami lonjakan yang signifikan yang imbasnya juga dirasa oleh usaha rumahan.

Di era kenormalan baru, sejumlah kebutuhan sanitasi mulai mengalami penyesuaian. Sejumlah peluang baru kembali muncul terutama yang berbasis rumahan.

Baca Juga: Siap-siap! Sejumlah Mobil Operasional akan Dilelang oleh Pemerintah, Harga Murah Mulai Rp 24 Jutaan

Bisnis rumahan menjadi idola karena physical distancing yang masih akan menjadi salah satu protokol kesehatan yang utama.

Halaman:

Editor: Dzikri Abdi Setia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X