Pemerintah Harus Lebih Berperan Selama Pandemi, Sri Mulyani: Krisis Kali Ini Berbeda Sekali

- 30 Juni 2020, 15:32 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani /INSTAGRAM/@smindrawati

PORTAL JEMBER - Selama masa pandemi covid-19, hampir seluruh sektor publik hingga swasta terkena imbasnya.

Oleh karena itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa peran yang lebih giat harus dilakukan oleh pemerintah dalam masa-masa ketidakpastian seperti ini.

Di tengah krisis pandemi, pemerintah telah berupaya untuk mengatasinya dengan menyiagakan stimulus fiskal hingga Rp695,2 triliun dan memperlebar defisit anggaran hingga 6,34 persen PDB.

Baca Juga: KA Ranggajati Berhenti Sementara Karena Penumpang Selalu Dibawah 10 Persen

Dirinya menjelaskan krisis ini berbeda dengan yang terjadi pada 1998 dan 2008 silam karena merupakan guncangan besar yang tidak pernah dialami negara-negara manapun di era modern.

"Krisis kali ini berbeda sekali karena kita harus melindungi manusia dan perekonomiannya sekaligus. Untuk membendung penyebaran virus, kita harus membatasi pergerakan manusia," ujar Sri Mulyani di Jakarta seperti dikutip dari Antara Selasa, 30 Juni 2020.

Pandemi Covid-19 juga telah memukul perekonomian masyarakat secara luas termasuk rumah tangga dan pelaku usaha, terutama UMKM.

Baca Juga: Masjid Jogokariyan di Yogyakarta Ini Punya Program Shalatkan Orang Hidup

Oleh karena itu pemerintah merumuskan kebijakan untuk dua hingga tiga langkah ke depan dengan mengarahkan stimulus itu untuk perlindungan sosial serta dukungan bagi UMKM.

Halaman:

Editor: Nila Zulva Rosyida

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X