Covid-19 Bikin Order Nol, Kini Permintaan Cerutu asal Jember Mulai Berdatangan

- 28 Juni 2020, 13:18 WIB
Pekerja di pabrik cerutu BIN Cigar, Jember, Jawa Timur, melakukan proses wrapping cerutu, Minggu 28 Juni 2020.* //Dokumen BIN Cigar

PORTAL JEMBER – Permintaan cerutu asal Jember mulai berdatangan setelah sempat nihil order di awal pandemi covid-19 pada Maret dan April lalu.

“Saat ini malah permintaan luar negeri yang lebih banyak daripada domsetik,” kata Febrian Ananta Kahar, salah seorang komisaris BIN Cigar, sebuah perusahaan penghasil cerutu di Jember, Jawa Timur, kepada PORTAL JEMBER, Minggu 28 Juni 2020.

Febrian menerangkan, pada Maret lalu ia sempat menghadiri acara terkait bisnis cerutu di Kuba. Tetapi, saat tiba di Indonesia, pandemi covid-19 mulai melanda.

Baca Juga: Hutan Baluran di Jawa Timur, Simak Beberapa Mitos Terkenal di Wilayah Ini

Saat itu pula, lanjut dia, order cerutu mandek. Bahkan, situasi itu berlanjut sampai April. “Semua pasar tutup, orderan nol. Maret dan April itu mati sudah,” ujarnya.

Namun, BIN Cigar justru berhasil mendapatkan order besar pada Mei lalu. Karena itu, hingga kini pabrik cerutu BIN Cigar terus melakukan produksi.

Selama ini cerutu yang diproduksi BIN Cigar dipasarkan ke seluruh Indonesia dan sejumlah negara, seperti Yunani, Tiongkok, dan Thailand.

Baca Juga: Info Harga Logam Mulia Emas di Pegadaian Hari Ini, 28 Juni 2020, Antam, UBS, Lotus Ar, dan Galeri 24

Sebelum covid-19, kapasitas produksi cerutu BIN Cigar mencapai 5.000 batang cerutu besar per hari. Pasar terbesar di dalam negeri, menjangkau hampir semua kota di Indonesia.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X