LinkAja Syariah Gandeng Koperasi NU Garap Pasar Jawa Timur

- 16 Mei 2020, 16:00 WIB
Tampilan aplikasi uang elektronik LinkAja Syariah. /ANTARA

PORTAL JEMBER - Bergerak di pasar keuangan syariah, uang elektronik LinkAja Syariah mulai menggarap pasar Jawa Timur.

Kali ini yang menjadi partner uang elektronik konsorsium beberapa BUMN itu adalah Koperasi NU Jawa Timur. Selain itu, LinkAja Syariah juga bekerjasama dengan berbagai masjid.

Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja di Surabaya, Kamis 14 Mei 2020 mengatakan, kehadirannya di Surabaya sebagai komitmen mendukung upaya pemerintah mewujudkan ekosistem syariah yang semakin maju.

Baca Juga: Tambah 2 Orang, Total Pasien Covid-19 di Kabupaten Probolinggo Jadi 38 Orang

"Oleh karena itu, LinkAja Syariah bekerja sama dengan sejumlah institusi keagamaan di Surabaya untuk menghadirkan berbagai kemudahan pembayaran yang sesuai dengan kaidah syariah," kata Haryati, seperti dikutip dari Antara.

Selain menggandeng Koperasi NU Jawa Timur, kata Haryati, juga akan memperluas inovasi dan kemitraan dengan berbagai pihak untuk mewujudkan ekosistem ekonomi syariah Indonesia yang inklusif.

Untuk kios lokal Surabaya, kata dia, LinkAja Syariah menggandeng CitraLand Fresh Market, retail seperti Papaya Fresh Gallery, Sakinah, Bagus Swalayan, Frescho, Lapis Kukus Surabaya, Cincau Station, House of WOK.

Baca Juga: Mengaku Tak Lagi Merasakan Perasaan Apapun, Meggy Wulandari Mantap Layangkan Gugatan Cerai ke Kiwil

"Warga Surabaya kini juga semakin mudah mengisi saldo atau tarik tunai di berbagai modern retail seperti Indomaret, Alfamart, dan Circle K, Grapari Telkomsel, ATM Link Himbara, ATM Bersama, ATM BCA, Kantor Pos, dan Pegadaian yang tersebar di Kota Surabaya," katanya.

Ia berharap, layanan LinkAja Syariah dapat memberikan kemudahan bagi warga Surabaya dan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan harian, transaksi produk halal, serta menyisihkan sebagian hartanya melalui berbagai lembaga yang dapat dimanfaatkan untuk menunaikan ibadah sesuai kaidah syariah.

Baca Juga: Layanan Sertifikasi Halal Online Diperpanjang, Catat Tanggalnya

Sebelumnya, layanan Syariah LinkAja merupakan uang elektronik berbasis syariah pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan sertifikat DSN MUI, setelah terbitnya Fatwa DSN MUI No.116/DSN-MUI/IX/2017 tentang uang elektronik syariah, serta izin pengembangan produk uang elektronik berbasis server dari Bank Indonesia.

Dalam implementasinya, LinkAja Syariah mengedepankan beberapa prinsip dasar yaitu penempatan dana bekerja sama dengan sejumlah bank syariah, mengaplikasikan tata cara transaksi sesuai dengan kaidah syariah, serta dapat diterima di seluruh merchant LinkAja.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Kelas I dan II Bisa Turun Kelas, Begini Kata Kemenkeu

Di samping itu, juga menghadirkan beragam produk yang sesuai dengan akad syariah dengan tidak ada unsur maisyir (judi), gharar (ketidakjelasan), riba (tambahan), zalim, dan barang tidak halal.

Sementara itu, seluruh pengguna LinkAja dapat mengubah akun ke Layanan Syariah LinkAja hanya dengan klik banner Layanan Syariah LinkAja yang terdapat di halaman utama aplikasi, melakukan aktivasi akun dan memasukkan PIN, setelah itu pengguna dapat langsung memanfaatkan beragam produk layanan syariah.***

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X