Tendangan Khas Insigne Masuk Kamus Bahasa Italia, Beberapa Penggemar Juventus Tak Terima

- 27 Juli 2021, 08:40 WIB
Pemain lini serang timnas Italia dan Napoli, Insigne
Pemain lini serang timnas Italia dan Napoli, Insigne /Twitter @EURO2020/
 
 
 
PORTAL JEMBER - Gaya mencetak gol Lorenzo Insigne dengan penjepit kaki kanan dikenal sebagai 'tiraggiro' berhasil mendapat penghargaan.
 
Penghargaan tendangan khas pemain Napoli tersebut adalah dengan berhasil masuk ke kamus resmi bahasa Italia.
 
Dikutip PORTAL JEMBER dari football-italia.net, kata tersebut adalah satu kata yang merupakan tiga kata berbeda yang disatukan, yaitu 'tiro a giro' yang berarti tembakan melengkung.
 
Kata itu awalnya diciptakan oleh pendukung Napoli, yang juga memberi nama tendangan dengan 'destraggiro' yang berarti penjepit kaki kanan.
 
Irama Neapolitan yang membuatnya terdengar lebih seperti 'tir a ggir' juga menjadi alasan mengapa kata-kata itu dijejalkan bersama tanpa tambahan o.
 
Kata itu menjadi semakin populer setelah penampilan Insigne yang bermain untuk Italia di UEFA EURO 2020, terutama setelah dia mencetak gol dengan gaya itu melawan Belgia di perempat final.
 
 
Bahkan ada penggemar di Stadion Wembley yang sedang menonton Final melawan Inggris yang memiliki jersey Italia dengan 'Tiraggir' tercetak di bagian belakang.
 
Rekan satu tim Insigne juga kerap menggunakan kata itu untuk menggambarkan pemain lini serang tersebut.
 
Sekarang 'Tiraggiro' telah berhasil masuk ke Treccani Dictionary, versi Italia dari Oxford English Dictionary, sebagai sebuah neologisme.
 
 
Beberapa penggemar Juventus sedikit kesal karena entri kamus secara khusus menggambarkan ini sebagai gol tipe Insigne, mengingat Alessandro Del Piero memiliki ciri khas tendangan melengkung beberapa dekade sebelumnya.
 
Namun, gol yang dinamai 'gol alla Del Piero' (gol gaya Del Piero) tersebut tidak berhasil masuk ke kamus. ***

Editor: Boy Nugroho

Sumber: football-italia


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X